Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kapuas Kota Air

Selasa, 23 Januari 2024 - 08:30 WIB

Pemkab Kapuas Salurkan Bantuan Logistik Banjir untuk 26 Desa Terdampak

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas armada bantuan banjir yang akan berangkat ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Kapuas, Selasa (23/1/2024).

POSBORNEO.COM, KUALAKAPUAS – Bencana banjir menimpa 26 Desa, di lima Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas.

Tepatnya berada di beberapa Desa di Kecamatan Mantangai, Kecamatan Pasak Talawang, Kecamatan Kapuas Tengah, kecamatan timpah dan Kecamatan Dadahup.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui instansi terkait menyalurkan bantuan untuk korban terdampak banjir.

Armada bantuan dilepas langsung oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi, bertempat di Halaman Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Selasa (23/1/2024).

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menyampaikan bahwa sebelumnya pihaknya telah meninjau dan memberikan bantuan secara langsung dilokasi banjir yang ada di Kecamatan Timpah.

Menurutnya, penyerahan bantuan ini adalah wujud dari kehadiran cepat dari Pemerintah Daeah ditengah-tengah masyarakat yang mengalami musibah banjir serta dapat membantu masyarakat.

“Kami pesankan kepada tim yang menuju kesana agar nanti didalam menyerahkan bantuan ini juga perlu kehati-hatian jaga Kesehatan, keselamatan, Kesehatan dan keselamatan diri sendiri juga harus diperhatikan. Semoga bantuan ini berguna untuk saudara-saudara kita yang terdampak banjir disana,” ungkapnya.

Erlin juga mengharapkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas memperhatikan para relawan agar diberikan suplemen dan vitamin untuk kegiatan dilapangan.

“Saya harapkan juga tim dari Pusdalop BPBD mengantisipasi kemungkinan terjadi banjir didaerah hilir akibat banjir kiriman daerah hulu agar dipersiapkan bantuan itu berupa sembako maupun sarana dan prasarana yang perlu dilengkapi. Semangat semuanya karena inilah salahsatu bentuk dari kehadirian dan reaksi cepat dari relawan (BPBD dan TAGANA) karena inilah juga momen melayani masyarakat,” tegas Erlin.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga menjelaskan banjir terjadi karena disebabkan hujan dengan intensitas yang tinggi di beberapa Kecamatan Kabupaten Kapuas, pada awal bulan Januari 2024.

Sehingga terjadi luapan Derah Aliran Sungai (DAS) Kapuas yang mengakibatkan terendamnya beberapa desa di Kecamatan Mantangai, Kecamatan Pasak Talawang, Kecamatan Kapuas Tengah, kecamatan timpah dan Kecamatan Dadahup dengan Tinggi muka air (TMA) mulai dari 90 cm sampai 190 cm.

“Korban terdampak sebanyak 6.835 Kepala Keluarga atau 24.234 Jiwa, sedangkan untuk rumah yang terendam sebanyak 4.476 unit, dan bantuan yang akan disalurkan pada hari ini adalah logistik (sembako) antara lain beras 68,35 ton, mie instan 6.835 dos, minyak goreng 6.835 liter, sarden 6.835 kaleng, gula 6.835 kg, susu kental manis 6.835 kaleng, kecap 6.835 botol, kopi 6.835 bungkus dan teh 6.835 bungkus,” jelas Sinaga.

Kegiatan pelepasan armada bantuan banjir untuk enam Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas ini pun dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kapuas KH Nurani Sarji dan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kuala Kapuas. (adv)

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas armada bantuan banjir yang akan berangkat ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Kapuas, Selasa (23/1/2024).

Share :

Baca Juga

Kapuas Kota Air

Erlin Hardi : Usulan Pengunduran Diri sebagai Pj Bupati Kapuas Sudah Disampaikan

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Hampatung

Hukum & Kriminal

Polres Kapuas Rilis Enam Kasus Menonjol Pengungkapan Satreskrim

Kapuas Kota Air

Sekda Lepas Kontingen Kapuas Ikuti Selekda Pra Popnas tingkat Provinsi Kalteng

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Resmikan Gedung Rumah Sakit Pratama Pujon

Hukum & Kriminal

Tuntas, Pelaku Pembunuhan di Pasar Jalan Mawar Diringkus Resmob Satreskrim Kapuas, Penangkapan di Tabalong

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis