Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Pos Kalsel

Selasa, 23 Januari 2024 - 10:10 WIB

Terus Gelorakan Revolusi Hijau, Dishut Kalsel Gelar Aksi Pemeliharaan dan Penyulaman Tanaman

POSBORNEO.COM, BANJARBARU – Tahun 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kehutanan (Dishut) akan terus menggelorakan gerakan revolusi hijau sebagai upaya menjaga kelestarian serta keseimbangan sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Hal tersebut sesuai instruksi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang memang terus memasifkan gerakan revolusi hijau, yaitu menanam, menanam dan menanam untuk anak cucu nantinya.

Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra mengatakan, hari ini melakukan pemeliharaan sengon dan penyulaman tanaman jenis Euqalyptus dan Tabebuya bersama Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Dishut Provinsi Kalsel, di Areal Forest City Perkantoran Gubernur Kalsel.

“Ada 350 bibit jenis Tabebuya dan Eucalyptus berhasil ditanam untuk mengganti beberapa tanaman yang mati. Dilihat, Eucalyptus itu merupakan tanaman kayu putih yang jenis tanamannya dikenal dengan penghasil kayu putih yang banyak dihasilkan dari daunnya dan Tabebuya dikenal sebagai pohon penghijauan yang mempunyai bunga yang indah,” kata Fathimatuzzahra, di Banjarbaru, Selasa (23/1/2024).

Dijelaskan Fathimatuzzahra, aksi pemeliharaan dan penyulaman tanaman memang rutin dilakukan untuk menjamin keberhasilan tanaman dan dapat menggerakkan budaya menanam pada masyarakat.

“Sehingga keberhasilan penanaman dilihat dari kondisi tegakan yang mempunyai kualitas baik dan sesuai dengan tujuan penanamannya,” tutur Fathimatuzzahra.

Lebih jauh Fathimatuzzahra pun mengatakan, penanaman itu bukan hanya penghijauan semata tetapi dapat memperbaiki lingkungan, iklim dan memperbaiki perekonomian masyarakat.

“Mari kita bersama-sama gelorakan gerakan revolusi hijau secara berkelanjutan dan menanamkan kesadaran bahwa setiap batang pohon yang ditanam adalah wujud kepedulian kita terhadap lingkungan,” terang Fathimatuzzahra. (adv)

Share :

Baca Juga

Olahraga

Geliat Sepakbola Kalsel, Paman Birin Cup U-14 Diikuti Oleh 24 Tim

Pemprov Kalsel

Sejahterakan Masyarakat, Gubernur Kalsel Serahkan 9.880 Paket Sembako Bagi PKH

Pemprov Kalsel

Inovasi Germas Cinta Banua Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Pemprov Kalsel

Gubernur Kalsel Ingatkan Peran Penting Pemadam pada Penutupan Diklat Pemadam I Angkatan V

Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Harapkan Kepala Desa Berperan Aktif dalam Pencegahan Narkoba

Pemprov Kalsel

Bangunan Fisik Masjid Raya Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Telah Capai 91 Persen

Pemprov Kalsel

Gubernur Kalsel Resmi Buka Kegiatan Sekolah Jurnalis Indonesia

Pemprov Kalsel

Gubernur Kalsel Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024