Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Pilkada Kalteng / Pilkada Kapuas / Politik

Selasa, 16 April 2024 - 13:39 WIB

Awali Langkah di Pilkada 2024, HM Wiyatno Daftar Bakal Calon Bupati Kapuas di PDI Perjuangan

HM Wiyatno (tengah) saat mendaftarkan secara resmi sebagai bakal calon Bupati Kapuas di DPD PDI-Perjuangan Kalteng, Selasa (16/4/2024). 

POSBORNEO.COM, PALANGKARAYA – Nama HM Wiyatno SP santer terdengar akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) sejak beberapa waktu terakhir.

Hingga akhirnya, Ketua DPRD Kalteng periode 2019-2024 itu memberi sikap dan mengawali langkah di Pilkada 2024, dengan mendaftar di PDI Perjuangan Kalteng, Selasa (16/4/2024).

HM Wiyatno mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Kapuas melalui partai yang membesarkan nama nya tersebut.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalteng itu punya modal kuat dengan perolehan suara 26 ribu lebih atau terbanyak untuk daerah pemilihan V Provinsi Kalimantan Tengah pada Pileg 2024.

“Dari 26 ribu lebih perolehan suara itu, 20 ribu berasal dari Kabupaten Kapuas, dan 6 ribu lebih di Kabupaten Pulang Pisau,” kata Wiyatno saat mendaftar secara resmi sebagai bakal calon Bupati Kapuas melalui PDI Perjuangan Kalteng

Wiyatno mengakui bahwa dirinya bisa saja menjadi calon kepala daerah di tingkat provinsi, atau Kabupaten Kapuas ataupun Kabupaten Pulang Pisau.

Hanya saja, dirinya memilih untuk mengabdi dan berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kapuas.

Dia mengatakan bahwa Kabupaten Kapuas juga merupakan daerah kelahiran istri dan tempat tinggal keluarga besar, serta telah belasan tahun melakukan pembinaan terhadap banyak masyarakat.

Terkhusus para petani. Apalagi, Kabupaten Kapuas merupakan salah satu daerah di Kalteng yang telah ditunjukkan sebagai lokasi food estate oleh pemerintah pusat.

“Sebelum berkarir di politik, saya kan seorang petani. Saya juga kan sarjana pertanian. Jadi saya berkeinginan memajukan Kapuas di berbagai sektor, terutama pertanian,” kata Wiyatno.

Dirinya membenarkan bahwa perolehan kursi PDIP di DPRD Kapuas untuk periode 2024-2029 hanya ada tujuh atau kurang satu dalam memenuhi syarat mengusung pasangan calon pilkada 2024.

Namun, Bendahara DPD PDIP Kalteng ini telah menjalin komunikasi dengan partai politik lain, sehingga optimis mampu memenuhi syarat menjadi calon di Pilkada 2024 Kapuas.

Dia mengatakan bahwa setelah melakukan pendaftaran ke PDIP Kalteng, akan dilanjutkan ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalteng yang memperoleh empat kursi di DPRD Kapuas untuk periode 2024-2029.

“Hasil komunikasi kami dengan berbagai partai politik, kemungkinan ada 17 kursi di DPRD Kapuas siap mengusung dan mendukung maju sebagai calon. Sekarang ini tinggal pendalaman saja,” ungkap Wiyatno.

Dia juga optimis PDIP akan mengusung dirinya dalam Pilkada Kapuas. Optimis itu karena PDIP di Kalteng dibawah naungan Arthon S Dohong sebagai Ketua DPD, Sigit K Yunianto sebagai Sekretaris dan dirinya sebagai Bendahara, kembali menjadi pemenang legislatif di pemilu 2024. Ketiga pucuk pimpinan PDIP di Kalteng itu juga telah berhasil membangun kantor DPD serta DPC hampir di seluruh Kalteng.

“Dari 14 DPC PDIP, sudah 13 DPC yang memiliki kantor sendiri. Semua pencapaian itu tentunya bisa menjadi pertimbangan bagi DPP PDIP untuk mengusung saya sebagai calon Bupati Kapuas di Pilkada 2024,” pungkasnya. (*)


HM Wiyatno (tengah) saat mendaftarkan secara resmi sebagai bakal calon Bupati Kapuas di DPD PDI-Perjuangan Kalteng, Selasa (16/4/2024). 

Share :

Baca Juga

Kapuas Kota Air

Erlin Hardi : Usulan Pengunduran Diri sebagai Pj Bupati Kapuas Sudah Disampaikan

Pilkada Kalteng

Niatkan Pengabdian untuk Tanah Kelahiran, Politisi Muda H Parij Ismeth Rinjani Siap Maju Pilkada Kapuas 2024

Pilkada Kalteng

Ahmad Sofian Apriady Optimis Dapat Rekom Parpol Maju Pilkada Kapuas 2024

Pilkada Kalteng

Mengenal Bakal Calon Bupati Kapuas, HM Wiyatno dan Niatan nya Bermanfaat Bagi Masyarakat

Pilkada Kalteng

Safari Politik Berlanjut, Alfian Mawardi Mendaftar Bakal Calon Bupati Kapuas ke Hanura, PKS dan PAN

Pilkada Kalteng

Mantap Maju di Pilkada Kapuas, HM Wiyatno Juga Daftar ke DPD PAN dan DPC Demokrat Kapuas

Pilkada Kalteng

Langkah Maju Pilkada Kapuas, Alfian Mawardi Juga Daftar ke DPC Gerindra dan PKB

Pilkada Kalteng

Awali Langkah Maju Pilkada Kapuas, Alfian Mawardi Daftar ke DPD PDI Perjuangan