Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kapuas Kota Air

Minggu, 21 April 2024 - 13:18 WIB

Lomba Karungut Meriahkan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung di Kapuas

Penampilan Salah satu peserta lomba karungut kategori putri dalam rangkaian Kegiatan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2024 di Lapangan Bukit Ngalangkang Kapuas, Minggu (21/4/2024).

POSBORNEO.COM, KUALAKAPUAS – Lomba Karungut menjadi salah satu lomba yang sangat menarik dalam rangkaian Kegiatan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2024 dalam rangka Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke – 218 dan Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 73 lomba tersebut di gelar di Lapangan Bukit Ngalangkang Kapuas, Minggu (21/4/2024).

Lomba Karungut tersebut bertujuan sebagai upaya pelestarian seni budaya khas Kalimantan Tengah, melalui Lomba Karungut, pewaris Seni Karungut diharapkan dapat memperoleh rasa bangga terhadap budaya orang Dayak.

Peserta lomba merupakan utusan dari beberapa Sanggar, Sekolah dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas yang mana di ketahui jumlah peserta yaitu 19 peserta kategori putra serta 20 peserta kategori putri.

Adapun tim juri Lomba Karungut ini terdiri dari tiga orang yang ahli dibidangnya, diketuai oleh Ragus Rumbang dengan Agon sebagai Sekretaris dan Umeliadie sebagai anggota yang mana mereka memiliki tugas menilai penampilan para peserta berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Kepala Disparpora Kapuas, Dr Apollonia saat memberikan sambutan sekaligus membuka lomba karungut dalam rangkaian Kegiatan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2024 di Lapangan Bukit Ngalangkang Kapuas, Minggu (21/4/2024).

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Kapuas Apollonia saat membuka kegiatan tersebut mengatakan acara ini menjadi tugas dan pokok pihaknya, dimana salah satu visi misi dari Pj Bupati untuk peningkatan dan kemajuan budaya dan pariwisata di Kabupaten Kapuas.

“Di era globalisasi ini, generasi – generasi kita jangan sampai melupakan adat istiadat yang kita punya turun temurun dari leluhur kita terutama adat istiadat yang memang harus kita lestarikan seperti yang akan peserta tampilkan nanti,” Ucapnya.

Lebih lanjut, event ini memang dari tahun ke tahun diadakan mengingat bahwa event ini juga akan di lombakan di Tingkat Provinsi oleh karena itu dirinya mengharapkan para peserta yang mengikuti lomba karungut untuk menampilkan yang terbaik Kadis Disparpora tersebut juga berpesan kepada  tim juri agar menilai secara obyektif dan profesional.

“Kepada anak-anak di era moderenisasi ini jangan sampai hanya tau budaya modern yang biasa didengar maupun dilihat, tetapi juga harus tau adat istiadat budaya yang harus dilestarikan seperti dalam Festival Budaya Tinggang Menteng Panunjung Tarung ini harus tetap kita lestarikan yang memang menjadi kebanggaan orang Dayak,” pungkas Apollonia.(*)

Penampilan Salah satu peserta lomba karungut kategori putri dalam rangkaian Kegiatan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2024 di Lapangan Bukit Ngalangkang Kapuas, Minggu (21/4/2024).

Share :

Baca Juga

Kapuas Kota Air

Erlin Hardi : Usulan Pengunduran Diri sebagai Pj Bupati Kapuas Sudah Disampaikan

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Hampatung

Hukum & Kriminal

Polres Kapuas Rilis Enam Kasus Menonjol Pengungkapan Satreskrim

Kapuas Kota Air

Sekda Lepas Kontingen Kapuas Ikuti Selekda Pra Popnas tingkat Provinsi Kalteng

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Resmikan Gedung Rumah Sakit Pratama Pujon

Hukum & Kriminal

Tuntas, Pelaku Pembunuhan di Pasar Jalan Mawar Diringkus Resmob Satreskrim Kapuas, Penangkapan di Tabalong

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis