Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kapuas Kota Air

Minggu, 28 April 2024 - 11:58 WIB

Ratusan Peserta Ikuti Lomba Kaligrafi, Mewarna dan Bercerita tingkat Pelajar di Kapuas

Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi saat melihat salah satu peserta yang mengikuti lomba mewarna tingkat Pelajar Kabupaten Kapuas tahun 2024, Minggu (28/4/2024) di Aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas.

POSBORNEO.COM, KUALAKAPUAS – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas dan TP PKK Kabupaten Kapuas menyelenggarakan Lomba Kaligrafi, Mewarna dan Bercerita tingkat Pelajar Kabupaten Kapuas tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Minggu (28/4/2024) dan dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Kapuas yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas H Suwarno Muriyat yang juga selaku Ketua Umum LPTQ Kapuas.

Ratusan peserta pun mulai dari tingkat TK sampai SMA sederajat tampak antusias mengikuti kegiatan ini yang mana mengambil tema “Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah dan Membentuk Generasi Yang Berkeadaban”. Tampak hadir juga Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi beserta jajaran Pengurus TP PKK.

Pj Bupati Kapuas dalam sambutannya yang dibacakan H Suwarno Muriyat, mengutarakan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) sebagai lembaga yang diberi amanat dan menjadi tumpuan harapan mengangkat tinggikan syiar Al- Qur’an, dalam pembinaan kedepan diharapkan terus dapat memotivasi pembinaan yang berkesinambungan dan berkelanjutan.              

Pj Bupati Kapuas diwakilkan oleh Kepala Disarpustaka H Suwarno Muriyat yang juga selaku Ketua Umum LPTQ Kapuas saat membuka kegiatan Lomba Kaligrafi, Mewarna dan Bercerita tingkat Pelajar Kabupaten Kapuas tahun 2024, Minggu (28/4/2024) di Aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas.

LPTQ Kabupaten Kapuas dikatakannya telah banyak memberikan motivasi Umat Islam untuk mengkaji Al Qur’an baik di lingkungan keluarga, pendidikan formal dan non formal serta lingkungan masyarakat. “Upaya tersebut dilakukan dalam rangka menunjang dan mensukseskan pembangunan daerah maupun nasional secara umum,” ucap H Suwarno.

Sehingga diharapkan terwujudnya sumber daya insani yang berkualitas melalui penjabaran nilai–nilai yang terkandung dalam Al Qur’an, yang mana keberadaannya lebih berakar ke bawah dan berpuncak ke atas lebih dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama dalam mengisi pembangunan di bidang spiritual.

Kemudian, masih dalam kesempatan yang sama, Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi menyampaikan bahwa Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an merupakan aset kekayaan seni dan budaya yang ada di Indonesia. Maka dari itu perlunya untuk terus dikembangkan melalui pendidikan, pembinaan, pengkaderan ataupun melalui event-event pagelaran dan musabaqah, baik di daerah, di tingkat lokal, nasional bahkan internasional.

“Harapan kami dalam kegiatan ini anak-anak pelajar yang mengikuti perlombaan dapat meningkatkan kecerdasan, melatih kemandirian melalui kreativitas yang mereka miliki dan saya tegaskan bahwa banyak talenta dan bakat yang dimiliki anak –anak usia dini, maka dari itu saya mengajak kepada para orang tua agar lebih jeli melihat bakat anak tersebut kemudian diexplore dan diasah hingga matang insyaallah bakat tersebut akan berhasil,” tutur Pj Ketua TP PKK Kapuas.

Sementara itu, Wakil Ketua LPTQ Kapuas Asyhadi dalam laporannya menjelaskan, kegiatan lomba yang dilaksanakan ini terbagi kedalam beberapa kriteria/kategori diantaranya lomba mewarna kaligrafi dan bercerita tingkat TK/RA, lomba kaligrafi tulisan indah tingkat SD/MI serta lomba kaligrafi tulisan naskah tingkat SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA.

“Dengan rincian untuk tingkat TK/RA sebanyak 99 peserta, tingkat SD/MI sebanyak 49 peserta, tingkat SMP/MTS sebanyak 43 peserta dan tingkat SMA/SMK/MA sebanyak 31 peserta. Sehingga keseluruhan peserta yang mengikuti lomba kaligrafi, mewarna dan bercerita Tingkat pelajar berjumlah 237 orang,” bebernya.(lptq/*)

Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi saat melihat salah satu peserta yang mengikuti lomba mewarna tingkat Pelajar Kabupaten Kapuas tahun 2024, Minggu (28/4/2024) di Aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas.

Share :

Baca Juga

Kapuas Kota Air

Erlin Hardi : Usulan Pengunduran Diri sebagai Pj Bupati Kapuas Sudah Disampaikan

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Hampatung

Hukum & Kriminal

Polres Kapuas Rilis Enam Kasus Menonjol Pengungkapan Satreskrim

Kapuas Kota Air

Sekda Lepas Kontingen Kapuas Ikuti Selekda Pra Popnas tingkat Provinsi Kalteng

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Resmikan Gedung Rumah Sakit Pratama Pujon

Hukum & Kriminal

Tuntas, Pelaku Pembunuhan di Pasar Jalan Mawar Diringkus Resmob Satreskrim Kapuas, Penangkapan di Tabalong

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis