Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kapuas Kota Air / Pos Kalteng

Sabtu, 29 Juni 2024 - 14:27 WIB

Masa Jabatan 1.210 Anggota BPD se-Kapuas Resmi Diperpanjang, Ini Harapan Pj Bupati

Foto bersama Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi, usai pengukuhan 1.210 anggota BPD se-Kabupaten Kapuas, di Hall Rujab Bupati Kapuas, Sabtu (29/6/2024) siang.

POSBORNEO.COM, KUALAKAPUAS – Masa jabatan 1.210 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten Kapuas resmi diperpanjang, Sabtu (29/6/2024) siang.

Setelah dilakukan pengukuhan oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi, bertempat di Hall Rumah Jabatan Bupati Jalan Jenderal Sudirman.

Mengenakan kemeja putih dan celana hitam, 1.210 BPD, baik itu ketua maupun anggota dari 214 desa se Kabupaten Kapuas antusias menjalani pengukuhan tersebut, yang mana sekaligus menerima SK.

Turut hadir dalam pengukuhan ini unsur Forkopimda, Kepala Dinas PMD Kapuas, Budi Kurniawan, sejumlah kepala SOPD, para camat, beberapa kepala desa dan lainnya.

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi dalam sambutannya mengatakan pengukuhan ini berdasarkan revisi atas undang-undang tentang desa, yang mana salah satu hal yang diatur adalah perpanjangan masa jabatan kepala desa dan BPD, sebelumnya 6 tahun menjadi 8 tahun. Artinya mendapatkan perpanjangan masa jabatan 2 tahun.

“Perpanjangan masa jabatan ini tentu ditujukan dalam rangka memberikan ruang yang lebih luas bagi BPD untuk lebih memaksimalkan upaya-upaya strategis dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa dan pelayanan kepada masyarakat di desa,” kata Erlin.

Karenanya, dia berharap bagi BPD yang mendapat perpanjangan masa jabatan hendaknya memaknai ini sebagai sarana untuk dapat bekerja dan berbuat yang lebih baik lagi bagi kesejahteraan masyarakat.

“Manfaatkan waktu penambahan masa jabatan ini sebagai sarana untuk melakukan inovasi dan terobosan dalam rangka mendorong peningkatakan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di desa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kapuas, Budi Kurniawan menyampaikan dasar ketentuan pengukuhan ini diantaranya adalah Pasal 56 Ayat (2) Undang-Undang nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 6 tahun2014 tentang Desa.

“Jumlah BPD yang dikukuhkan hari ini sebanyak 1.210 orang yang tersebar di 214 desa. Memang ada beberapa yang masih berproses PAW, jadi belum dikukuhkan. Ini yang definitif kita kukuhkan,” jelas Budi.

Lebih lanjut, dirinya menuturkan bahwa perpanjangan jabatan ini bukan sebagai hadiah, tetapi ini merupakan waktu yang lebih panjang dalam memberikan pengabdian terbaik sesuai tugas pokok dan fungsi masing masing untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat di desa.

“Manfaatkan ini sebagai sarana untuk memperluas ladang ibadah, mengabdikan diri kita memajukan masyarakat di desa,” tandasnya.

Sebelumnya, sekitar satu minggu yang lalu diketahui sebanyak 171 kepala desa di Kabupaten Kapuassudah terlebih dahulu dikukuhkan, sehingga juga resmi mendapatkan perpanjangan masa jabatan. (*)

Foto bersama Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi, usai pengukuhan 1.210 anggota BPD se-Kabupaten Kapuas, di Hall Rujab Bupati Kapuas, Sabtu (29/6/2024) siang.

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

GSI Jenjang SMP Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2024 Resmi Dibuka

Pemprov Kalteng

Rapat TEPRA Triwulan II, Ini Arahan Wagub Kalteng Edy Pratowo

Pemkab Gumas

Pj Bupati Gumas Hadiri Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi

Kapuas Kota Air

Erlin Hardi : Usulan Pengunduran Diri sebagai Pj Bupati Kapuas Sudah Disampaikan

Pemprov Kalteng

Wagub Kalteng Edy Pratowo Pimpin Upacara Harjad ke-59 Pemko dan Harjad ke-67 Kota Palangkaraya

Pemprov Kalteng

Teknologi Tepat Guna Unggulan Kalteng Raih Peringkat 3 Nasional

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Tanam Vegetasi Pantai di Kawasan Shrimp Estate Berkah Sukamara

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon