Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Pemprov Kalteng

Rabu, 3 Januari 2024 - 13:08 WIB

Peminjaman Buku di Perpustakaan Provinsi Kalteng Meningkat pada 2023

Pemustaka sedang memilih buku untuk dipinjam

POSBORNEO.COM, PALANGKARAYA – Menurut data aplikasi INLISLite yang diakses pada 2 Januari 2024, jumlah peminjaman buku di Perpustakaan Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2023 ada pada angka 12.661, meningkat 38% dari tahun sebelumnya (2022) sejumlah 9.152.

Plh Kadispursip Kalteng Arthur Mukkun ditemui, Selasa (2/1/2024) mengatakan bahwa hal ini merupakan indikator yang baik, geliat kecintaan akan aktivitas literasi di Kalteng, khususnya Kota Palangka Raya makin baik.

“Ini pertama kalinya kita mencapai jumlah peminjaman di atas 10 ribu, angka ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus memperbaiki kualitas referensi, kualitas layanan, dan memperbaiki semua sistem jadi makin baik lagi di tahun 2024,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, selain layanan membaca di tempat di ruang baca dan peminjaman buku, Perpustakaan Kalteng juga menyediakan Layanan Perpustakaan Kelling menggunakan mobil yang dapat juga dimanfaatkan oleh komunitas atau lembaga literasi lainnya. Selain itu, ada pula Layanan Referensi, Layanan Deposit, serta Konsultasi Perpustakaan dan Arsip.

Dijelaskan Arthur, bahwa data pengunjung yang diberikan ini sangat valid karena menggunakan teknologi informasi sejak Februari 2023.

“Buku tamu kita sudah elektronik menggunakan barcode, bahkan sudah lama, sistem katalog dan sirkulasi kita menggunakan aplikasi. Data-data yang dihasilkan menjadi bahan evaluasi dan perencanaan kita ke depan,” tutupnya.

Sebagai informasi, Perpustakaan Provinsi Kalimantan Tengah terletak di Jalan AIS Nasution Nomor 11, Palangka Raya, buka Senin sampai Jumat mulai 08.00 – 15.00 WIB, dan Sabtu mulai pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB. Perpustakaan Umum milik Pemerintah Provinsi yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Prov. Kalteng ini juga membuka layanan informasi dan pembuatan kartu anggota lewat nomor whatsapp di 0822 5056 9900. (adv)

Pemustaka sedang memilih buku untuk dipinjam

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Tanam Vegetasi Pantai di Kawasan Shrimp Estate Berkah Sukamara

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis

Kapuas Kota Air

Ribuan Warga Hadiri Kapuas Bersholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf

Nasional

Soroti Ketersediaan Kamar di RSUD Mas Amsyar Kasongan, Presiden Jokowi : Hanya 53, Seharusnya di Atas 100

Nasional

Antisipasi Kekeringan Panjang, Presiden Jokowi Tinjau Pompanisasi di Desa Bapeang Kotim

Nasional

Presiden Jokowi Tinjau PPM Sampit, Pastikan Stabilitas Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan

Nasional

Gubernur Kalteng Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo di Bumi Tambun Bungai

Pemprov Kalteng

Wagub Kalteng Edy Pratowo Buka Diskusi Publik Jelang Pilkada 2024