Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Pos Kalsel

Minggu, 21 Januari 2024 - 16:34 WIB

Festival Balap Jukung Tradisional Piala Paman Birin Diikuti 64 Tim

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menyerahkan piala saat festival Balap Jukung Tradisional Paman Birin 2024, Minggu (21/1/2024)

POSBORNEO.COM, BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor mendorong kegiatan seperti festival balap jukung tradisional Piala Paman Birin di Desa Pemurus Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, untuk melestarikan jukung tradisional.

Kegiatan balap jukung tradisional ini dilaksanakan oleh masyarakat setempat dan didukung langsung oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel dengan tujuan untuk melestarikan budaya lokal seperti lomba ketangkasan perahu tradisional yang dikhawatirkan mulai ditinggalkan para generasi muda sekaran.

Dikesempatannya, Sahbirin Noor mengatakan lomba jukung yang digelar ini memiliki tujuan yang lebih penting yaitu melestarikan jukung tradisional yang hampir punah.

“Keberadaan jukung sebagai alat transportasi tradisional makin ditinggalkan seiring makin pesatnya pertumbuhan alat transportasi darat, padahal jukung merupakan ciri khas banua Kalsel sebagai daerah yang memiliki banyak sungai,” kata Sahbirin Noor, Minggu (21/1/2024).

Sementara, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel, Budiono, mengatakan, lomba Jukung tradisional kali ini mendapat perhatian yang besar oleh masyarakat. 

“Hal ini, menjadi bukti bahwa masyarakat Kalsel mencintai olahraga ini dan merasa terhibur menyaksikan lomba yang digelar,” kata Budiono.

Ia pun bertekad untuk terus mengembangkan olahraga jukung tradisional ini melalui berbagai event,  sehingga memberikan hiburan kepada masyarakat. 

“Kami jajaran Dispora Kalsel akan terus mengembangkan olahraga tradisional jukung ini dan akan kita adakan didaerah lain nantinya,” ujarnya.

Adapun peserta yang mengikuti festival jukung tradisional ini sebanyak 64 tim dan dalam satu tim harus berjumlah 6 orang. Kegiatan ini menyediakan hadiah puluhan juta rupiah. (*)

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menyerahkan piala saat festival Balap Jukung Tradisional Paman Birin 2024, Minggu (21/1/2024)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalsel

Gubernur Kalsel Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024

Pemprov Kalsel

Kalsel Akan Gelar Uncle Hard Enduro ke-4, Akan Diramaikan 23 Crosser Luar Negeri

Pemprov Kalsel

Pisah Sambut Kajati, Gubernur Kalsel Minta Sinergi Membangun Banua Tetap Terjaga

Hukum & Kriminal

Markas Polda Kalsel Resmi Berpindah ke Banjarbaru, Gedung Lama Jadi Markas Polresta

Pemprov Kalsel

Menuju Hari Jadi Kalsel, Pemprov Kembali Gelar Rapat Persiapan

Pemprov Kalsel

Sebagai Pembina Forikan di Kalsel, Acil Odah Berikan Pembekalan Bagi Penyuluh Perikanan

Pemprov Kalsel

Perlindungan Kekayaan Intelektual, Pemprov Kalsel Terima Sertifikat Indikasi Geografis Sasirangan

Pemprov Kalsel

Gubernur Kalsel Sampaikan Penjelasan Empat Raperda Kepada DPRD