Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kotawaringin Timur

Minggu, 21 Januari 2024 - 16:40 WIB

Gubernur Kalteng Sambangi Pasar Penyeimbang di Kotim, Dilaksanakan di 4 Kecamatan

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran sampaikan sambutan saat sambangi pasar penyeimbang di Kotim

POSBORNEO.COM, SAMPIT – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo kembali buka Pasar Penyeimbang di beberapa titik lokasi yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Minggu (21/1/2024). 

Pasar Penyeimbang pertama berlokasi di Kantor Kelurahan Baamang Tengah, Kecamatan Baamang.

Nampak masyarakat setempat antusias menunggu dibukanya Pasar Penyeimbang tersebut sejak pukul 8 pagi, sedangkan acara dimulai pukul 13.30 siang. 

Wagub mengatakan kegiatan Pasar Penyeimbang ini dilaksanakan untuk menjaga stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok yang ada di Kabupaten Kotim. 

“Pasar Penyeimbang ini adalah Program Pemprov Kalteng dalam mengendalikan inflasi dan mengurangi beban masyarakat khususnya yang terdampak inflasi yang masih berlangsung hingga saat ini, meskipun inflasi di Kalteng cukup terkendali dan termasuk salah satu provinsi terendah inflasi,” ujarnya.

Wagub menyebut, pada Pasar Penyeimbang di Kecamatan Baamang ini disediakan 4500 paket sembako senilai 150 ribu rupiah per paket, tetapi disubsidi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebesar 130 ribu rupiah, sehingga harganya cuma 20 ribu rupiah saja

“Namun demikian, Bapak Gubernur akan memberikan subsidi lagi secara pribadi senilai 20 ribu rupiah per paket, sehingga paket sembako ini gratis,” imbuhnya. 

Selanjutnya, Ketua TP PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran menambahkan, kedatangan Gubernur dan rombongan ini sebagai tanda kasih Gubernur kepada masyarakat Kotawaringin Timur khususnya Kecamatan Baamang Tengah. 

“Saya tekankan kembali pentingnya keaktifan Posyandu, dan juga perlunya makanan tambahan, agar anak-anak Kalteng tumbuh dengan sehat dan kuat. Posyandu juga berperan aktif dalam upaya penurunan stunting,” ungkapnya. 

Sementara, Gubernur berpesan kepada masyarakat setempat agar dalam menjalani hidup tidak mudah putus asa.

“Banyak jalan yang dapat dilakukan, apalagi Kalteng memiliki kekayaan alam yang berlimpah, kuncinya niat dan kegigihan, serta jangan lupa berdoa,” imbaunya. 

Dalam momen tersebut, Gubernur memberikan bantuan stimulan modal usaha kepada beberapa perempuan produktif untuk menjalankan usahanya. 

Pasar Penyeimbang kedua berlokasi di Kantor Kelurahan Ketapang, Kecamatan Ketapang. Masyarakat Ketapang pun terlibat antusias menunggu dibukanya Pasar Penyeimbang tersebut sejak pukul 8 pagi, sedangkan acara dimulai pukul 14.45 siang.

Mereka menyambut gembira kehadiran Gubernur beserta rombongan dan berharap Program Pasar Penyeimbang tetap terus dilakukan untuk meringankan beban masyarakat. 

Wagub menjelaskan kedatangan Gubernur dan rombongan ke Kabupaten Kotawaringin Timur ini dalam rangka menjalin silaturahim sekaligus untuk memastikan keadaan masyarakat secara langsung dan apa saja yang dirasakan khususnya dampak dari inflasi. 

“Di Kabupaten Kotawaringin Timur ini ada delapan kegiatan yang dilaksanakan, tujuh di antaranya adalah Pasar Penyeimbang. Bapak Gubernur ingin memastikan kebutuhan pokok masyarakat di sini tercukupi,” ucapnya. 

Wagub juga berpesan kepada masyarakat menjelang Pemilu 2024 ini, untuk menjaga kekompakan dan juga kebersamaan.

“Mari kita sama-sama menciptakan suasana yang kondusif, aman, dan damai,” tuturnya. 

Sementara, Gubernur mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap cuaca ekstrem, terlebih saat ini Kalteng sedang mengalami banjir di beberapa wilayah. 

“Dalam keadaan apapun Pemerintah wajib hadir di tengah-tengah masyarakat, terlebih saat masyarakat tengah kesusahan, baik akibat inflasi, bencana alam, dan lain-lain,” tandasnya. 

Pada kesempatan itu, Gubernur memberikan hadiah paket umroh untuk dua orang lansia dan juga memberikan bantuan secara pribadi berupa uang tunai kepada beberapa orang warga tidak mampu untuk modal usaha mereka. 

Sama seperti sebelumnya, dalam Pasar Penyeimbang di Ketapang ini disediakan 4500 paket sembako senilai 150 ribu rupiah per paket, tetapi disubsidi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebesar 130 ribu rupiah, sehingga harganya cuma 20 ribu rupiah saja.

Namun demikian, Gubernur memberikan subsidi lagi secara pribadi senilai 20 ribu rupiah per paket, sehingga paket sembako ini gratis untuk masyarakat.

Selain di dua lokasi tersebut, Pasar Penyeimbang juga digelar di Desa Tarantang (Pengrajin Rotan), Kecamatan Saranau sebanyak 5000 paket sembako dan di Kantor Kelurahan Ketapang Kecamatan Ketapang, dan Kantor Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan sebanyak 4000 paket sembako.

Paket sembako senilai 150 ribu rupiah itu pun mendapatkan subsidi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan juga Gubernur Kalteng, sehingga digratiskan untuk masyarakat. 

Nampak hadir, Anggota DPR RI Dapil Kalteng sekaligus Ketua DAD Kalteng H. Agustiar Sabran, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kalteng. (adv)

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran sampaikan sambutan saat sambangi pasar penyeimbang di Kotim

Share :

Baca Juga

Kotawaringin Timur

Rangkaian Hari Jadi Kotim ke-71, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Launching Tabungan Beasiswa Berkah