Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kapuas Kota Air

Rabu, 21 Februari 2024 - 12:26 WIB

Sekda Kapuas Pimpin Rapat Ekspose Batas Desa Buhut Jaya dan Desa Batapah

Sekda Kapuas Septedy saat memimpin Rapat Ekspose Batas antara Desa Buhut Jaya Kecamatan Kapuas Tengah dengan Desa Batapah Kecamatan Timpah, Rabu (21/2/2024).

POSBORNEO.COM, KUALAKAPUAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas mengadakan Rapat Ekspose Batas antara Desa Buhut Jaya Kecamatan Kapuas Tengah dengan Desa Batapah Kecamatan Timpah yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Kapuas, Rabu (21/2/2024).

Rapat ini dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy didampingi Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) Fakhruransi.

Hadir pula, Camat Timpah Arjoni dan Camat Kapuas Tengah Mises. Adapun peserta Rapat Ekspose tersebut dihadiri Manajemen PT TRIOP, Kepala Desa Buhut Jaya Herman dan Kepala Desa Batapah Yudha Irawanto beserta jajarannya masing-masing.

Dikatakan Septedy dalam rapat tersebut, penegasan batas diantara dua desa ini tentunya didasarkan sejumlah parameter, seperti sejarahnya maupun batas-batas alam yang ada.

“Melalui rapat ini kita semua bersepakat untuk mengamankan batas-batas yang telah ditetapkan terhadap warga yang belum memahami dan agar  diberikan penjelasan,” tuturnya.

Setelah saling berdiskusi bersama, maka disepakatilah dalam rapat ekspose tersebut bahwa agar masing-masing pemerintah desa menginventarisasikan kepemilikan lahan warga di wilayah perbatasan.

Kemudian jika terdapat perubahan wilayah administrasi dikarenakan penyesuaian penarikan batas, maka akan dilakukan pelayanan administrasi disesuaikan dengan wilayah administrasi baru.

Selanjutnya juga, penetapan dan penegasan batas desa dan kecamatan tidak menghapus hak atas tanah, hak ulayat serta hak lainnya pada masyarakat sesuai Permendagri Nomor 45 tahun 2016 Pasal 23 tentang pedoman penetapan dan penegasan batas desa. (*)

Sekda Kapuas Septedy saat memimpin Rapat Ekspose Batas antara Desa Buhut Jaya Kecamatan Kapuas Tengah dengan Desa Batapah Kecamatan Timpah, Rabu (21/2/2024).

Share :

Baca Juga

Kapuas Kota Air

Erlin Hardi : Usulan Pengunduran Diri sebagai Pj Bupati Kapuas Sudah Disampaikan

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Hampatung

Hukum & Kriminal

Polres Kapuas Rilis Enam Kasus Menonjol Pengungkapan Satreskrim

Kapuas Kota Air

Sekda Lepas Kontingen Kapuas Ikuti Selekda Pra Popnas tingkat Provinsi Kalteng

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Resmikan Gedung Rumah Sakit Pratama Pujon

Hukum & Kriminal

Tuntas, Pelaku Pembunuhan di Pasar Jalan Mawar Diringkus Resmob Satreskrim Kapuas, Penangkapan di Tabalong

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis