Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Pemprov Kalteng

Minggu, 17 Maret 2024 - 13:31 WIB

Warga Antusias, Sekda Kalteng Buka Pasar Murah di Murung Raya

Sekda Kalteng, H Nuryakin saat menyampaikan sambutan di halaman Kantor Desa Mangkahui, Murung Raya

POSBORNEO.COM, PURUKCAHU – Mewakili Gubernur Kalteng, Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H Nuryakin membuka pasar murah di Wilayah Timur Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya, Minggu (17/3/2024).

Dalam rangka Kalteng Berbagi Berkah dan pengendalian inflasi daerah di wilayah Kalimantan Tengah Tahun 2024, Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan pasar murah yang dilaksanakan dari tanggal 17 s.d 19 Maret 2024.

Disebutkan pula bahwa sehari sebelumnya telah dilepas secara serentak sebanyak 1.420 ton beras se Kalimantan Tengah, dan sesuai dengan petunjuk Gubernur Kalteng pada periode pertama disalurkan sebanyak 50 ton, dari total penyaluran oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebanyak 150 ton beras untuk Kabupaten Murung Raya.

Sekda H. Nuryakin dalam sambutan singkatnya mengatakan, bahwa Gubernur Kalteng ingin melihat secara detail denyut jantung kehidupan masyarakat di seluruh Kalimantan Tengah.

“Keinginan pak Gubernur ini adalah supaya inflasi yang selama ini terjadi akibat kenaikan bahan pokok bisa kita minimalkan. Karena biasanya mendekati hari besar keagamaan harga beras, minyak goreng, gula dan kebutuhan pokok lainnya selalu mengalami kenaikan” kata Sekda.

“Mudah-mudahan, dengan adanya kegiatan ini bisa meringankan beban yang selama ini dirasakan masyarakat, terutama di bulan penuh berkah ini, kita bisa berbagi berkah” imbuhnya.

Kegiatan pasar murah di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya ini dilaksanakan pada 3 (tiga) titik lokasi yaitu di Halaman Masjid Agung Kecamatan Murung, Halaman Balai Desa Mangkahui dan di Halaman Kantor Kecamatan Tanah Siang Selatan.

Lebih lanjut ia mengatakan, karena ini pasar murah atau pasar penyeimbang maka harganya tidak sama dengan harga di pasar, tetapi tidak boleh gratis. “Harga beras Rp.175.000,- per 10 kg, hari ini disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp.155.000,- sehingga masyarakat membayar sebesar Rp.20.000,- saja” pungkasnya.

Pada lokasi pertama yang berada di halaman Masjid Agung Kecamatan Murung, disalurkan sebanyak 20 ton beras, dengan kualitas baik dan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

Sementara itu, Pj Bupati Murung Raya Hermon, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalteng atas terselenggaranya pasar murah untuk masyarakat di Kabupaten Murung Raya tersebut.

“Hal ini merupakan sesuatu yang menggembirakan kita semua di bulan penuh berkah ini, di tengah kondisi ekonomi saat ini, dimana sejumlah bahan pokok mengalami inflasi harga yang cukup tinggi” ujar Hermon.

Usai kegiatan di lokasi pertama, selanjutnya rombongan Sekda bertolak ke lokasi kedua di halaman Balai Desa Mangkahui, dan dilanjutkan membuka pasar murah di lokasi ketiga halaman Kantor Camat Tanah Siang Selatan.

Camat Tanah Siang Selatan dalam laporannya juga menyampaikan, atas nama Pemerintah Kecamatan Tanah Siang Selatan dan seluruh masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah atas kegiatan tersebut, hal ini merupakan upaya dalam rangka menekan kenaikan laju inflasi, sehingga tercapainya pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkesinambungan.

Tampak hadir mengikuti kegiatan ini, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng, Forkopimda Kabupaten Murung Raya, dan pejabat lingkup Kabupaten Murung Raya. (adv)

Sekda Kalteng, H Nuryakin saat menyampaikan sambutan di halaman Kantor Desa Mangkahui, Murung Raya

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

GSI Jenjang SMP Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2024 Resmi Dibuka

Pemprov Kalteng

Rapat TEPRA Triwulan II, Ini Arahan Wagub Kalteng Edy Pratowo

Pemkab Gumas

Pj Bupati Gumas Hadiri Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi

Pemprov Kalteng

Wagub Kalteng Edy Pratowo Pimpin Upacara Harjad ke-59 Pemko dan Harjad ke-67 Kota Palangkaraya

Pemprov Kalteng

Teknologi Tepat Guna Unggulan Kalteng Raih Peringkat 3 Nasional

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Tanam Vegetasi Pantai di Kawasan Shrimp Estate Berkah Sukamara

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis

Kapuas Kota Air

Ribuan Warga Hadiri Kapuas Bersholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf