Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kapuas Kota Air

Rabu, 27 Maret 2024 - 12:11 WIB

Ritual Mamapas Lewu Dalam Rangka Harjad ke-218 Kota Kuala Kapuas &  HUT ke-73 Pemkab Kapuas

Rombongan Ritual Mamapas Lewu saat melakukan Ritual Mamapas Lewu, Rabu (27/3/2024).

POSBORNEO.COM, KUALAKAPUAS – Setelah terlaksananya Ritual Adat Balian pada Senin (25/3) lalu di Balai Basarah Hindu Kaharingan Kuala Kapuas, rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Jadi (Harjad) Kota Kuala Kapuas ke-218 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Kapuas ke-73 tahun 2024 dilanjutkan dengan Ritual Mamapas Lewu yang dilakukan dihampir seluruh jalan Kota Kuala Kapuas, Rabu pagi (27/3/2024).

Pelepasan rombongan Ritual Mamapas Lewu kali ini dilakukan di Balai Basarah Hindu Kaharingan Kuala Kapuas, yang terdiri dari para Basir yang bertugas untuk membacakan doa-doa selama acara ritual berlangsung, organisasi kepemudaan suku dayak, para Damang, Mantir Adat, dan undangan lainnya.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Keolahragaan (Disparbudpora) Kabupaten Kapuas yang mana juga sebagai Wakil Ketua Acara Pelaksanaan Ritual Adat Balian dan Ritual Mamapas Lewu, Ivan Yulius, mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan puncak dari seluruh kegiatan yang ada dari hari Senin (25/3) lalu.

“Saya berharap seluruh acara yang kita lakukan pada hari ini dapat berjalan lancar dan dapat berjalan dengan baik dan sukses sesuai ridho dari Tuhan Yang Maha Esa,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ivan Yulius, mengatakan Ritual Mamapas Lewu ini bertujuan untuk membersihkan daerah-daerah yang ada di Kota Kuala Kapuas dari marabahaya dan penyakit yang biasa disebut dengan tolak bala.

Adapun rute Ritual Mamapas Lewu kali ini dimulai dari Rumah Jabatan Bupati Kapuas, dilanjutkan ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Kantor Bappelitbangda Kapuas, Kantor DPRD Kapuas, diteruskan ke Rujab Wakil Bupati Kapuas, Rujab Ketua DPRD Kapuas, Kantor Inspektorat Kapuas, Kodim 1011/Klk, Kantor PDAM Kuala Kapuas, Rujab Sekda Kapuas, Polres Kapuas, kemudian Kantor Bupati Kapuas, Huma Betang Sei Pasah Kapuas Hilir, dan berakhir di Disparbudpora Kapuas. (*)

Rombongan Ritual Mamapas Lewu saat melakukan Ritual Mamapas Lewu, Rabu (27/3/2024).

Share :

Baca Juga

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Hampatung

Hukum & Kriminal

Polres Kapuas Rilis Enam Kasus Menonjol Pengungkapan Satreskrim

Kapuas Kota Air

Sekda Lepas Kontingen Kapuas Ikuti Selekda Pra Popnas tingkat Provinsi Kalteng

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Resmikan Gedung Rumah Sakit Pratama Pujon

Hukum & Kriminal

Tuntas, Pelaku Pembunuhan di Pasar Jalan Mawar Diringkus Resmob Satreskrim Kapuas, Penangkapan di Tabalong

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis

Kapuas Kota Air

Jalan Sehat bersama Pj Bupati dan STAI Kualakapuas Berlangsung Meriah