Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kapuas Kota Air

Jumat, 19 April 2024 - 08:14 WIB

Sekda Kapuas Buka Sosialisasi Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup

Sekda Kapuas Septedy berfoto bersama usai membuka sosialisasi Program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah dan Penghargaan Adiwiyata (PGBLHS), bertempat di Aula DLH Kapuas, Jumat (19/4/2024).

POSBORNEO.COM, KUALAKAPUAS – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas melaksanakan sosialisasi Program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah dan Penghargaan Adiwiyata (GPBLHS), bertempat di Aula DLH Kapuas, Jumat (19/4/2024).

Kegiatan ini dalam rangka penerapan Program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah serta Pencapaian Penghargaan bagi Calon Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, dan dihadiri Kepala DLH Kabupaten Kapuas Karolinae dan jajaran, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Aswan, Pengawas Sekolah (SD, SMP dan SMA/Sederajat) serta para Kepala Sekolah.

Sekda Kapuas dalam sambutannya menyampaikan, GPBLHS adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjenjang dan berkelanjutan oleh Sekolah/Madrasah dalam penerapan perilaku ramah lingkungan hidup. PGBLHS bertujuan untuk mendorong terwujudnya penerapan perilaku ramah lingkungan oleh warga sekolah dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup disekolah, lingkungan sekitar sekolah dan daerah.

“Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, diperlukan pembinaan pelaksanaan Gerakan yang efektif serta pemahaman yang benar dari sekolah dalam melaksanakan gerakan PGBLHS tersebut. Untuk itu diperlukan sosialisasi terkait pelaksanaan gerakan GPBLHS sehingga dapat tercapai tujuan yang diharapkan serta sekolah bisa mendapatkan penghargaan adiwiyata,” jelasnya.

Adiwiyata merupakan sebuah penghargaan yang diberikan Pemerintah mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Kabupaten/Kota kepada sekolah yang berkomitmen mewujudkan warga sekolah yang peduli dan bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Pihak terkait (DLH, Disdik, para Pengawas hingga Kepala Sekolah) diharapkan bekerjasama untuk mewujudkan adiwiyata, oleh karena itu, kita wajib menjaga lingkungan sekolah, yaitu menjaga kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase dilingkungan sekolah, misalnya membiasakan membuang sampah pada tempatnya, menjaga keersihan ruang kelas, mengelola sampah melalui 3R (Reduce, Seuse dan Recycle).

“Mewujudkan hal demikian tentunya juga perlu dukungan dari Pemerintah Daerah terutama Dinas/Instansi terkait serta Kantor Kementerian Agama Kapuas. Untuk itu saya mengajak kepada kita semua dan diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan melaksanakan buang sampah pada tempatnya,” tuturnya. (*)

Sekda Kapuas Septedy berfoto bersama usai membuka sosialisasi Program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah dan Penghargaan Adiwiyata (PGBLHS), bertempat di Aula DLH Kapuas, Jumat (19/4/2024).

Share :

Baca Juga

Kapuas Kota Air

Erlin Hardi : Usulan Pengunduran Diri sebagai Pj Bupati Kapuas Sudah Disampaikan

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Hampatung

Hukum & Kriminal

Polres Kapuas Rilis Enam Kasus Menonjol Pengungkapan Satreskrim

Kapuas Kota Air

Sekda Lepas Kontingen Kapuas Ikuti Selekda Pra Popnas tingkat Provinsi Kalteng

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Resmikan Gedung Rumah Sakit Pratama Pujon

Hukum & Kriminal

Tuntas, Pelaku Pembunuhan di Pasar Jalan Mawar Diringkus Resmob Satreskrim Kapuas, Penangkapan di Tabalong

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis