Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kapuas Kota Air

Senin, 13 Mei 2024 - 14:24 WIB

Pemkab Kapuas Gelar Rembuk Stunting, Kejar Target Nasional 14,29 Persen

Sekda Kapuas, Septedy saat membuka kegiatan rembuk stunting di ruang rapat Rujab Bupati, Senin (13/5/2024) siang.

POSBORNEO.COM, KUALAKAPUAS – Sekretaris Daerah Kapuas Septedy membuka kegiatan Rembuk Stunting di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati, Senin (13/5/2024).

Kegiatan Rembuk Stunting dengan tema “Melalui Konvergensi Intervensi di Tingkat Keluarga, Mari Kita Tingkatkan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kapuas”.

Kabupaten Kapuas telah mengalami penurunan Stunting di tahun 2023 yaitu 16,2 persen dan membutuhkan penurunan 1,91 persen lagi untuk mengejar prevalansi Nasional di tahun 2024 yaitu 14,29 persen.

Untuk mengejar prevalansi nasiaonal maka dibutuhkan pelaksanaan secara masiv, bergotong royong, dan mengikuti tahapan – tahapan yang telah direncanakan bersama. 

Sekda Kapuas Septedy menyampaikan bahwa ada beberapa catatan penting yang harus dilaksanakan bersama di tahun 2024.

Yaitu perlu ditingkatkan pengawasan implementasi kebijakan hingga ke tingkat Desa dan tingkat keluarga, seluruh Organisasi Perangkat Daerah terkait sesuai dengan  tugas dan fungsinya di TPPS Kabupaten juga TPPS Kecamatan, TPPS Kelurahan dan Desa agar memastikan implementasinya tepat sasaran dan meningkatkan pemahaman terhadap komitmen dan memiliki kompetensi yang sama. 

“Semua intervensi spesipik ataupun sensitif harus benar-benar kompenjen tidak bisa sendiri-sendiri, melakukan trobosan yang bisa mengubah prilaku masyarakat untuk hidup sehat, membawa bayi balita untuk aktif posyandu agar pemantauan tumbuh kembangny berjalan maksimal. Pelaporan juga harus ditingkatkan untuk memastikan intervensi benar-benar terarah dan kualitas data harus benar-benar valid mencerminkan kondisi yang sebenarnya,” ucap Septedy. 

Pada kesempatan ini juga beberapa Organisasi  Perangkat Daerah terkait menyampaikan Paparan terkait inovasi dan aksi yang akan dilaksanakan guna mendukung tercapainya penurunan angka Stunting ditahun 2024, Dari Polres Kapuas juga melaksanakan kegiatan Posyandu Presisi dalam rangka mendukung Program Prioritas Pemerintah dalam upaya penurunan Angka  Stunting.

Kegiatan dihadiri Unsur Forkopimda, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait, Kementrian Agama, dan Tim Percepatan Penurunan Stunting di Kecamatan yaitu Camat, Kepala Desa dan Lurah yang menjadi Lokus Stunting di Tahun 2024. 

Kegiatan juga di ikuti oleh  Kepala UPT Puskesmas, Kepala Bkkbn Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Bapepelitbang Provinsi Kalimantan Tengah, Tim Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalimantan Tengah, Satgas Stunting tingkat Provinsi dan Kabupaten yang mengikuti secara Daring. (adv)

Sekda Kapuas, Septedy saat membuka kegiatan rembuk stunting di ruang rapat Rujab Bupati, Senin (13/5/2024) siang.

Share :

Baca Juga

Kapuas Kota Air

Erlin Hardi : Usulan Pengunduran Diri sebagai Pj Bupati Kapuas Sudah Disampaikan

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Hampatung

Hukum & Kriminal

Polres Kapuas Rilis Enam Kasus Menonjol Pengungkapan Satreskrim

Kapuas Kota Air

Sekda Lepas Kontingen Kapuas Ikuti Selekda Pra Popnas tingkat Provinsi Kalteng

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Resmikan Gedung Rumah Sakit Pratama Pujon

Hukum & Kriminal

Tuntas, Pelaku Pembunuhan di Pasar Jalan Mawar Diringkus Resmob Satreskrim Kapuas, Penangkapan di Tabalong

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis