Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kapuas Kota Air / Pemprov Kalteng / Pos Kalteng

Senin, 3 Juni 2024 - 13:56 WIB

Inspektorat Daerah Provinsi Kalteng Laksanakan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Kapuas

Penyerahan surat pemberitahuan dan surat tugas dari Inspektur Daerah Provinsi Kalteng ke Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas. (Foto : MMC Kalteng)

POSBORNEO.COM, KUALAKAPUAS – Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Kabupaten Kapuas Tahun 2024, Senin (3/6/2024) dalam acara entry meeting yang dilaksanakan di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Kapuas.

Tim Pemeriksa Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah yang dipimpin oleh Inspektur Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Saring disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Inspektur Daerah Kabupaten Kapuas Heribowo, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah yang menjadi objek pengawasan.

Dalam sambutannya, Inspektur Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Saring menyampaikan bahwa tujuan dari Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah adalah meningkatkan ketaatan, ekonomis, efisiensi, dan efektivitas pencapaian tujuan dan sasaran penyelenggaraan tugas dan fungsi Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kalteng.

Kemudian, meningkatnya efektivitas manajemen risiko dan pengendalian dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kalteng; dan meningkatnya tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kalteng. Fokus pengawasan yang dilaksanakan di Kabupaten Kapuas.

Yaitu Aspek Arah Kebijakan dan Agenda Pembangunan Nasional (Pengendalian inflasi, Penguatan Tata Kelola Pemerintah, dan Penurunan prevalensi stunting), serta Aspek Pengawasan Teknis Terhadap Prioritas Nasional (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Pendidikan dan Kesehatan).

Pun juga Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Pasal 10 ayat (1) dan (12).

“Bahwa untuk wilayah kabupaten/kota, dilaksanakan oleh Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat, dalam hal ini dilaksanakan oleh Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Saran dan masukan dari Tim Pemeriksa hendaknya bisa segera ditindaklanjuti untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy dalam sambutannya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas upaya pembinaan dan bimbingan yang dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Tengah sebagai wakil Pemerintah Pusat melalui Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Seluruh perangkat daerah yang menjadi objek pengawasan agar membantu kelancaran pelaksanaan pengawasan, yaitu dengan cara melengkapi segala kebutuhan dokumen dan data yang diperlukan oleh tim pemeriksa,” ujarnya.

Pihaknya berharap kegiatan pengawasan tersebut dapat memberikan saran dan masukan yang dapat menjadi acuan.

“Yakni untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan di wilayah Kabupaten Kapuas di waktu yang akan datang,” pungkasnya. (*)

Penyerahan surat pemberitahuan dan surat tugas dari Inspektur Daerah Provinsi Kalteng ke Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas

Share :

Baca Juga

Kapuas Kota Air

Erlin Hardi : Usulan Pengunduran Diri sebagai Pj Bupati Kapuas Sudah Disampaikan

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Tanam Vegetasi Pantai di Kawasan Shrimp Estate Berkah Sukamara

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Hampatung

Hukum & Kriminal

Polres Kapuas Rilis Enam Kasus Menonjol Pengungkapan Satreskrim

Kapuas Kota Air

Sekda Lepas Kontingen Kapuas Ikuti Selekda Pra Popnas tingkat Provinsi Kalteng

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Resmikan Gedung Rumah Sakit Pratama Pujon

Hukum & Kriminal

Tuntas, Pelaku Pembunuhan di Pasar Jalan Mawar Diringkus Resmob Satreskrim Kapuas, Penangkapan di Tabalong