Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kapuas Kota Air

Rabu, 24 Januari 2024 - 07:30 WIB

Rakor dan Pembinaan UPZ se-Kapuas Digelar, Harmonisasi Pengelolaan Zakat

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dan pembinaan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang berlangsung di Ruang Rapat Rujab Bupati Kapuas, Rabu (24/1/2024).

POSBORNEO.COM, KUALAKAPUAS – Dalam rangka harmonisasi pengelolaan zakat diwilayah Kabupaten Kapuas, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kapuas bersama Pemkab Kapuas menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan pembinaan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang berlangsung di Ruang Rapat Rujab Bupati Kapuas, Rabu (24/1/2024).

Kegiatan ini diikuti 62 orang peserta terdiri dari unsur dinas, badan, kantor lingkup Pemkab Kapuas serta dari masjid-masjid setempat, yang mana dibuka langsung oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi. Turut hadir juga Sekda Kapuas Septedy, Ketua Baznas Provinsi Kalteng Mustain Khaitami, para Kepala OPD dan Ketua Baznas Kapuas Ahmad Bahruni bersama jajaran pengurus Baznas Kapuas.

Erlin Hardi didalam sambutannya menyebutkan Baznas sebagai lembaga yang bertugas menghimpun dan menyalurkan zakat infaq serta sedeqah, berperan penting didalam mendorong masyarakat untuk menunaikan kewajiban tersebut.

Begitu juga dengan Unit Pengumpul Zakat yang dibentuk oleh pemerintah dengan berkedudukan dimasyarakat, instansi pemerintah maupun swasta yang memiliki peran juga dalam menghimpun dan menyampaikan zakat kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Dengan potensi zakat yang besar, harapan kami juga dapat dimaksimalkan dalam pengumpulan zakat yang ada, sehingga didalam penyalurannya nanti bisa lebih banyak kepada masyarakat kita yang sangat membutuhkan,” ungkap Erlin.

Pemerintah Kabupaten Kapuas pun dikatakannya akan selalu mendukung penuh program maupun kegiatan dari Baznas maupun UPZ Kabupaten Kapuas, dengan harapan Lembaga ini dapat semakin menjadi professional dalam berkontribusi nyata untuk Pembangunan di Kabupaten Kapuas.

Sementara itu, disampaikan Ketua Baznas Provinsi Kalteng Mustain Khaitami bahwa UPZ berperan juga dalam mendistribusi serta memiliki kewajiban untuk melaporkan hasil dari program yang telah dilaksanakan.

“Karena Baznas ini merupakan perwakilan negara, maka tentunya perlu yang namanya Unit Pengumpul Zakat, sehingga dapat merangkul lebih banyak pihak dalam menyalurkan zakatnya,” imbuhnya.

Dalam Rakor yang dilaksanakan kali ini, Ketua Baznas Kapuas Ahmad Bahruni mengharapkan dukungan dari seluruh pihak untuk menjadi penguatan Baznas dan UPZ yang ada di Kabupaten Kapuas kedepannya,

“Sebab ini merupakan instrumen untuk menuntaskan kemiskinan dan pembudidayaan ekonomi masyarakat. Karena itulah kami mohon dukungan agar semakin meningkatnya efektifitas dan efisiensi kerjasama antara UPZ dan Baznas,” ucap Ahmad Bahruni.

Selain dilaksanakannya Rakor dan pembinaan UPZ, pada kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan bantuan program rumah layak huni sebanyak 5 unit. Kemudian penyerahan bantuan Kita Jaga Usaha (KJU) program Kapuas Peduli untuk 15 orang serta bantuan beasiswa dari program Kapuas Pintar kepada 2 orang. (adv/hmskmf)

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dan pembinaan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang berlangsung di Ruang Rapat Rujab Bupati Kapuas, Rabu (24/1/2024).

Share :

Baca Juga

Kapuas Kota Air

Erlin Hardi : Usulan Pengunduran Diri sebagai Pj Bupati Kapuas Sudah Disampaikan

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Hampatung

Hukum & Kriminal

Polres Kapuas Rilis Enam Kasus Menonjol Pengungkapan Satreskrim

Kapuas Kota Air

Sekda Lepas Kontingen Kapuas Ikuti Selekda Pra Popnas tingkat Provinsi Kalteng

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Resmikan Gedung Rumah Sakit Pratama Pujon

Hukum & Kriminal

Tuntas, Pelaku Pembunuhan di Pasar Jalan Mawar Diringkus Resmob Satreskrim Kapuas, Penangkapan di Tabalong

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis