Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kapuas Kota Air

Jumat, 15 Maret 2024 - 12:14 WIB

Kembali Gelar Bimtek Aplikasi  Siskeudes  Online, DPMD dan Kominfo Kapuas Jalin Kerjasama  Lintas  OPD

Penyerahan aplikasi siskeudes online untuk Kabupaten Kapuas dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, bertempat di Aula Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya, Jumat (15/3/2024)

POSBORNEO.COM, PALANGKARAYA –  Bimtek Tranformasi digital Sistem Keuangan Desa Online 2024, kembali digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas yang  bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (kominfo) Kabupaten Kapuas.

Dimana dalam kegiatan ini, Diskominfo Kapuas memfasilitasi dalam pembuatan sub domain, penyediaan server dan jaringan internet agar aplikasi mudah di akses oleh semua peserta bimtek.

Bimtek ini mengambil tempat di Aula Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya, Jumat (15/3/2024)  dan diikuti oleh 103 Desa dan 7 Kecamatan se-Kabupaten Kapuas, yang juga merupakan rangkaian kegiatan Bimtek sebelumnya di Aula Hotel Galaxy Banjarmasin (7/3) yang di ikuti 100 desa peserta bimtek.

Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh Tim dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Makmur Sumarsono,ST sebagai narasumber/Instruktur kegiatan, didampingi Yurissa Hasan P, SH. beserta Dr.Sri Hayati,S.sos.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Hartoni U. Sawang,S.IP,MM  mengatakan bahwa dalam kegiatan ini Dinas Kominfo memberikan dukungan berupa fasilitasi server, domain dan konfigurasi database aplikasi sistem keuangan desa.

“Agar bisa di akses secara online oleh peserta bimtek dan pada nantinya juga bisa di akses dari desa masing masing yang sudah terkoneksi jaringan internet dan mendukung agar aplikasi siskeudes bisa di akses dengan baik serta lancar dalam penggunaannya,” ujar Hartoni.

Selanjutnya Kegiatan Bimtek siskeudes dibuka secara resmi oleh Bupati Kapuas yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Budi Kurniawan,S.Sos,M.Si. yang mana dalam sambutannya mengatakan bahwa aplikasi siskeudes ini pada nantinya target penggunaanya adalah 214 desa atau seluruh desa yang ada di Kabupaten Kapuas.

“Selain menjalankan Amanah undang undang dan siskeudes juga merupakan salah satu Amanah dari MCP KPK, dimana dalam poin amaran tersebut salah satunya yang menjadi area intervensi pencegahan korupsi adalah tata Kelola keuangan desa guna menjamin transparansi akuntabilitas pengelolaaan keuangan desa diwajibkan menggunakan aplikasi siskeudes berbasis online dengan server yang diletakan pada server Pemerintah Daerah,” jelas Budi Kurniawan.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Kapuas merupakan Pemkab ketiga di Kalteng yang telah mengaplikasikan Siskeudes Online setelah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Katingan. Hal tersebut memang menjadi prioritas Pemkab Kapuas yang menginginkan agar tata kelola keuangan semakin cepat, transparan, dan akuntabel.

Sementara itu, Tim Kementerian Dalam Negeri menjelaskan juga bahwa aplikasi Siskeudes Online ini memang dirancang untuk membuat laporan pengelolaan keuangan desa secara real time dan up to date. Sehingga pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat bisa memperoleh informasi secara cepat terkait penggunaan dan pemanfaatan dana desa. (adv)

Penyerahan aplikasi siskeudes online untuk Kabupaten Kapuas dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, bertempat di Aula Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya, Jumat (15/3/2024)

Share :

Baca Juga

Kapuas Kota Air

Erlin Hardi : Usulan Pengunduran Diri sebagai Pj Bupati Kapuas Sudah Disampaikan

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Hampatung

Hukum & Kriminal

Polres Kapuas Rilis Enam Kasus Menonjol Pengungkapan Satreskrim

Kapuas Kota Air

Sekda Lepas Kontingen Kapuas Ikuti Selekda Pra Popnas tingkat Provinsi Kalteng

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Resmikan Gedung Rumah Sakit Pratama Pujon

Hukum & Kriminal

Tuntas, Pelaku Pembunuhan di Pasar Jalan Mawar Diringkus Resmob Satreskrim Kapuas, Penangkapan di Tabalong

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis