Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Kapuas Kota Air / Pos Kalteng

Sabtu, 22 Juni 2024 - 23:59 WIB

Kecamatan Selat Juara Umum Festival Seni Qasidah II Tingkat Kabupaten Kapuas

Foto para juara FSQ II bersama Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi yang didampingi Pj Ketua TP PKK, Agustina Sri Rejeki, Sabtu (22/6/2024) malam.

POSBORNEO.COM, KUALAKAPUAS – Kecamatan Selat menjadi juara umum Festival Seni Qasidah (FSQ) Ke II Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2024.

Hal itu diumumkan pada penutupan FSQ II di Lapangan Bukit Ngalangkang Jalan Letjend Soeprapto Kuala Kapuas, Sabtu (22/6/2024) malam.

FSQ digelar Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas dan diikuti ratusan peserta yang mengikuti beberapa cabang lomba.

Lomba dimaksud, yakni Bintang Vokalis Qasidah Gambus, Bintang Vokalis Pop Religi, Rebana Qasidah Klasik dan Penabuh Rebana Seni Qasidah.

Pj Bupati Kapuas saat menutup secara resmi FSQ II

FSQ II resmi ditutup Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi. Dirangkai penyerahan hadiah kepada pemenang lomba.

Termasuk penyerahan piala bergilir oleh Pj Bupati didampingi Pj Ketua TP PKK Kapuas, Agustina Erlin Hardi yang juga selaku Ketua Panitia FSQ II, kepada kontingen Kecamatan Selat.

Hadir pula saat penutupan FSQ II, Sekda Kapuas, Septedy bersama Ketua DWP, Apollonia Septedy, unsur forkopimda dan sejumlah Kepala OPD.

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi didampingi Pj Ketua TP PKK, Agustina Sri Rejeki saat menghadiri penutupan FSQ II, Sabtu (22/6/2024) malam.

“Malam ini menghadiri penutupan FSQ II tingkat Kabupaten Kapuas. Tentunya dengan dilaksanakannya festival ini lahir para juara seni qasidah yang nantinya dapat terus mengharumkan nama Kapuas di tingkat provinsi hingga nasional,” ungkap Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi.

Pada prinsipnya, lanjut Erlin, pemerintah daerah akan terus mendukung segala bentuk kegiatan keagamaan di Kabupaten Kapuas.

“Lasqi Kapuas sebagaimana diketahui sudah banyak menorehkan prestasi, semoga ke depan, bisa terus menambah prestasi nya di bidang seni qasidah, dan mari ini sama-sama terus kita dukung,” ucap Erlin diwawancarai usai acara penutupan.

Saat penyerahan hadiah lomba FSQ II

Sebelumnya, Ketua Umum Panitia FSQ Kabupaten Kapuas, Agustina Erlin Hardi saat pembukaan menyebutkan jumlah peserta yang mengikuti Festival Seni Qasidah Ke II DPD LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas tahun 2024 berjumlah 347 orang peserta dari 17 Kecamatan.

Dengan rincian Bintang Vokalis Qasidah Gambus Anak-Anak 12 orang, remaja 16 orang dan dewasa 14 orang. Kemudian Bintang Vokalis Pop Religi anak-anak 17 orang, remaja 20 orang dan dewasa 11 orang. Sedangkan untuk Rebana Klasik diikuti 7 Grup (77 orang) serta Penabuh Rebana Seni Qasidah 12 Grup (180 orang).

FSQ II Tingkat Kabupaten Kapuas

Sementara itu, Ketua Umum LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas, H Suwarno Muriyat menuturkan DPD LASQI Nusantara Jaya rutin dalam menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang langsung menyentuh kepada masyarakat.

Salah satunya dengan menggelar Audisi Bintang Vokalis, Lomba Bagarakan Saur, Lomba Penabuh Rebana Seni Qasidah dan lain sebagainya.

Melalui gelaran Festival Seni Qasidah (FSQ) Ke II Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2024 ini diharapkan mampu mewadahi bakat dan kreatifitas para pemuda-pemudi Islam di bidang kesenian serta dapat menyelamatkan generasi muda dari pengaruh pergaulan yang tidak baik.

Ketua Umum LASQI Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas, H Suwarno Muriyat

“Peserta yang Juara pada Festival Seni Qasidah Tahun 2024 ini akan dipersiapkan untuk mengikuti FSQ Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya pada Bulan Agustus Tahun 2024,” ucap Suwarno.

Seni qasidah di Kabupaten Kapuas sendiri pun diutarakannya telah menunjukkan eksistensinya di Kalimantan Tengah bahkan Nasional.

Hal ini dibuktikan dengan peserta dari Kabupaten Kapuas sering mendapatkan Juara Tingkat Provinsi.

Foto para juara FSQ II bersama Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi yang didampingi Pj Ketua TP PKK, Agustina Sri Rejeki, Sabtu (22/6/2024) malam.

“Bahkan dua putra dan putri terbaik Kapuas mendapatkan Juara di tingkat Nasional yaitu Saudara Kamaludin Abdi Juara Satu Bintang Vokalis Remaja di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2022,” ungkapnya.

Terbaru juga, Nikmah Wardani, mewakili Kapuas, berhasil meraih Juara Satu Bintang Vokalis Dewasa di Kota Tanggerang Provinsi Banten pada tahun 2023.

“Serta Peserta Rebana Klasik Kabupaten Kapuas mendapatkan Juara di Tingkat Nasional,” beber Suwarno. (*)

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi, didampingi Pj Ketua TP PKK, Agustina Erlin Hardi menyerahkan piala bergilir Festival Seni Qasidah (FSQ) Ke II, Sabtu (22/6/2024) malam

Share :

Baca Juga

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Hampatung

Hukum & Kriminal

Polres Kapuas Rilis Enam Kasus Menonjol Pengungkapan Satreskrim

Kapuas Kota Air

Sekda Lepas Kontingen Kapuas Ikuti Selekda Pra Popnas tingkat Provinsi Kalteng

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Resmikan Gedung Rumah Sakit Pratama Pujon

Hukum & Kriminal

Tuntas, Pelaku Pembunuhan di Pasar Jalan Mawar Diringkus Resmob Satreskrim Kapuas, Penangkapan di Tabalong

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis

Kapuas Kota Air

Jalan Sehat bersama Pj Bupati dan STAI Kualakapuas Berlangsung Meriah