Responsive Menu
Add more content here...
POSBORNEO.COM | PT TAJUK SALEMPANG JAYA

Home / Pemprov Kalteng / Pos Kalteng

Senin, 22 Januari 2024 - 12:12 WIB

Gelar Taklimat Media, Balai Bahasa Kalteng Sampaikan Produk dan Capaian Tahun 2023

Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalteng Muhammad Muis sampaikan paparan

POSBORNEO.COM, PALANGKARAYA – Balai Bahasa Provinsi Kalteng gelar Taklimat Media Produk dan Capaian Tahun 2023, bertempat di Mamink`s Kitchen Palangka Raya, Senin (22/1/2024).

Acara ini dihadiri oleh beberapa awak media yang ada di Kota Palangkaraya.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalteng Muhammad Muis didampingi Kasubbag Umum Balai Bahasa Provinsi Kalteng R Hery Budhiono menyampaikan paparan terkait rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Kalteng selama tahun 2023.

Muis mengatakan Balai Bahasa Provinsi Kalteng berhasil membina 22 komunitas literasi agar menjadi wadah yang produktif untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat.

“Kami juga berhasil membina 1903 penutur bahasa, hal itu menunjukkan komitmen Balai Bahasa dalam menjaga keberagaman bahasa di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Balai Bahasa Provinsi Kalteng juga melakukan pembinaan terhadap 47 lembaga guna mendukung penggunaan bahasa, agar memperkuat identitas dan keberlanjutan bahasa.

“Sebanyak 1733 orang dari berbagai lapisan profesi telah turut serta dalam Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) untuk menciptakan literasi bahasa yang lebih luas dan mendalam,” imbuhnya.

Muis juga menyebut, pihaknya melibatkan 359 siswa dari seluruh kabupaten/kota se-Kalteng untuk memberikan kontribusi signifikan dalam pelestarian bahasa dan sastra Daerah.

“Kami berhasil menjaring 44 pemelajar dalam kelas luring dan daring Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dengan mengedepankan inovatif dalam menyebarkan bahasa Indonesia,” ungkapnya.

Di samping itu, sambung Muis, Balai Bahasa Provinsi Kalteng berhasil menyusun dan menerbitkan 70 buku cerita anak dwibahasa guna mengembangkan literasi anak-anak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Daerah, sekaligus menerbitkan kamus bahasa Daerah.

“Dengan semua pencapaian itu, Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah meraih nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kategori A, itu mencerminkan kinerja dan dedikasi yang luar biasa,” tandasnya. (*)

Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalteng Muhammad Muis sampaikan paparan

Share :

Baca Juga

Hukum & Kriminal

Kejari Kapuas Tahan 2 Tersangka Dugaan Tipikor terkait Studi Tata Batas Pembangunan RS Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Silaturahmi dengan Warga Kelurahan Hampatung

Hukum & Kriminal

Polres Kapuas Rilis Enam Kasus Menonjol Pengungkapan Satreskrim

Kapuas Kota Air

Sekda Lepas Kontingen Kapuas Ikuti Selekda Pra Popnas tingkat Provinsi Kalteng

Kapuas Kota Air

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Resmikan Gedung Rumah Sakit Pratama Pujon

Kapuas Kota Air

Serbu Pasar Murah Pemprov Kalteng di Halaman Disdagperinkop Kapuas, Warga Kembali Dapat Gratis

Kapuas Kota Air

Jalan Sehat bersama Pj Bupati dan STAI Kualakapuas Berlangsung Meriah

Kapuas Kota Air

Masa Jabatan 1.210 Anggota BPD se-Kapuas Resmi Diperpanjang, Ini Harapan Pj Bupati